Politik

Kader Golkar Riau Diminta Kawal 'Kemenangan AMMAN'

Jakarta-Korwil Pemenangan Pemilu Wilayah Sumatera DPP Partai Golkar, Andi Ahmad Dara menginstruksikan seluruh kader beringin di Riau, mulai tingkat kabupaten, kecamatan, hingga provinsi mengawasi perolehan suara pasangan Amman hingga keputusan akhir penghitungan resmi KPU Riau.

Tak hanya itu, DPP Golkar juga telah menyiapkan langkah antisipasi apabila ada upaya hukum pasangan yang kalah mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). “Kita harus kawal ke MK jika ada langkah hukum dari pihak-pihak yang kalah," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau, Rusli Zainal, mengakui mengetahui perkembangan Pemilukada Riau dari kerabatnya yang berkunjung ke Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta. Dia bersyukur Pemilukada Riau berjalan lancar dan aman, tidak terjadi kerusuhan ataupun bentrok antar pendukung sebagaimana yang dikhawatirkan sebelumnya.

"Secara khusus tidak ada pesan. Bapak hanya menyampaikan rasa syukur atas suksesnya pelaksanaan Pilgubri. Beliau tadi mengucapkan Alhamdulillah Pilgubri telah dilaksanakan dengan aman dan lancar," kata istri Rusli, Septina Primawati, seusai mengunjungi Rusli Zainal di Rutan KPK, Kamis (5/9).

Seperti biasa, Septina selalu mengunjungi suaminya yang masih Gubernur Riau pada jam besuk yang telah ditetapkan KPK, setiap hari Senin dan Kamis.

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit yang kembali maju sebagai calon wakil gubernur bersama Jon Erizal mengaku tidak ambil pusing dengan perhitungan cepat yang dilakukan berbagai kelompok. Dia tetap berpatokan hasil final akan diumumkan KPU Riau. "Kita masih menunggu hasil formal setelah dihitung KPU," ungkap Mambang usai melepas Calon Jemaah Haji (CJH) di Gedung Daerah Riau, Kamis (5/9). (rep05/mtr)